Hutan Di Banyupoh Terbakar

Administrator 25 Juni 2019 14:14:39 WITA

Kebakaran terjadi di kawasan hutan negara di Dusun Karang Sari, Desa Banyupoh, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Minggu lalu tgl 23-Juni-2019. Titik api membakar semak-semak,rumput liar dan beberapa pohon keras yang mengering. Sebaran titik api terlihat jelas sejak sore hingga malam hari. Hutan Negara yang terbakar berada di sebelah selatan Pura Pulaki. Bukit yang ditumbuhi semak-semak, rumput liar, dan beberapa pohon kayu keras terpanatu terbakar sekitar Pukul 16.00 Wita. Titik api terus merembet mulai dari lereng dan juga di sekitaran puncak bukit. 

Walau terjadi kebakaran hutan, namun upaya pemandangan titik api belum dilakukan. Karena Medan untuk menjangkau titik api yang sulit dijangkau. Atas kondisi seperti ini Aparat Desa bersama kelompok masyarakat yang berada di Kawasan Pengelola Hutan (KPH) Bali Barat hanya melakukan pemantauan untuk mengawasi sebaran titik api. Jika api merambat sampai ke Pura Pulaki dan Pura besar lain di Banyupoh, petugas sudah disiapkan untuk melokalisasi titik api. 

Perbekel Desa Banyupoh Ketut Bijaksana mengatakan, kawasan hutan Negara di wilayahnya tergolong rawan terbakar ketika musim kemarau. Disaat musim hujan hutan ini terlihat hijau, memasuki musim kemarau seperti sekarang , semak-semak dan rumput liar dan pohon keras lainnya mulai mengering. Waktu itu titik api tiba-tiba saja muncul di lereng dan puncak bukit. Kobaran api nampak merembet dari sebelah barat Pura Melanting hingga ke Pura Pulaki dan kawasan hutan di wilayah Desa Pemuteran.      

 

Komentar atas Hutan Di Banyupoh Terbakar

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Banyupoh

tampilkan dalam peta lebih besar