Kondisi Umum Desa Banyupoh

Komang widiasih 19 Juli 2019 08:39:45 WITA

GAMBARAN UMUM DESA 

Kondisi Gografis 

Letah Wilayah 

Kapan dan Siapa yang Membangun atau Pendiri Desa yang kita Warisi sampai saat ini ??? Hal ini memang benar-benar sulit dijawab secara tuntas, karena sumber-sumber baik yang merupakan temuan Kepurbakalaan maupun Data Tertulis dalam Lontar, atau Prasasti misalnya, yang bisa dijadikan Pedoman dalam Menyusun Sejarah Desa Banyupoh sampai saat ini masih sangat sulit untuk mendapatkannya.

Namun demikian masih ada secercah Sinar yang menerangi Jalan untuk dapat membuka kerahasiaan keberadaan Desa Banyupoh yang kita cintai ini dengan cerita dari para Tetua yang Merintis Desa ini, yang dapat dipercaya oleh Masyarakat setempat sebagai Sejarah Kelahiran Desa.

Banyupoh yang dikenal sekarang adalah Nama sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Propinsi Bali.Apabila diperhatikan dari letak Desa Banyupoh yang sangat strategis, karena dilindungi oleh Daerah Perbukitan disebelah menyebelahnya. Jadi secara alami Desa Banyupoh sudah otomatis dibentengi oleh Perbukitan yang sangat tinggi dan terjal sehingga hal ini sangat menguntungkan dilihat dari segi Pertahanan Keamanan.

Dengan batasan-batasan Wilayah sebagai berikut :

  1. batasan sebelah barat : Desa Pemuteran 
  2. batasan sebelah utara : Laut Bali
  3. batasan sebelah Timur : Desa Penyabangan 
  4. batasan sebelah selatan : Kabupaten Jembrana

Luas Wilayah 

Desa Banyupoh yang merupakan dari 129 Desa di Kabupaten Buleleng yang memiliki wilayah seluas, 22.250 Ha yang terdiri dari 4 (Empat) Banjar Dinas. 

 

 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Banyupoh

tampilkan dalam peta lebih besar