Pelatihan Eco Enzyme

Komang widiasih 22 Oktober 2020 12:24:53 WITA

Apa itu Eco Enzyme larutan dari 3 bahan yang dipermentasikan selama 3 bulan (90) hari dimana yang akan bermanfaat untuk diri sendiri, lingkungan dan alam. Eco enzyme ini bisa dihasilkan dari sampah rumah tangga yaitu sampah sayur,buah - buahan. Kabupaten Buleleng membuat program yaitu: sampah anorganik, kompos padat / cairan pertanian dan eco enzyme. Eco Enzyme ada 3 bahan pokok air, sampah sayuran,buah dan gula merah atau molase. Sosialisasi ini dilaksankan di aula kantor Desa pada tgl 21 Oktober 2020 dan dihadiri oleh  Bapak Sekretaris Desa selaku pembawa acara,Ketua TP PKK beserta anggota kader.

Manfaat ecp enzym ada 3 yaitu

untuk diri sendiri : bisa dipakai untuk berkumur dicampurkan dengan air, untuk keramas ( menghilangkan ketombe), dan menghilangkan penyakit gatal-gatal.

untuk lingkungan : bisa dipakai untuk mengepel lantai, mencuci piring, dan menghilangkan bau yang tak sedap pada lingkungan (rumah )

untuk alam          : bisa dipakai untuk tanaman, menyejukkan.

Dalam pembuatan cairan eco enzyme ini dengan menggunakan ukuran timbangan jika membuat eco enzyme, Gula / Molase 1 kg, Buah & sayu 3 kg, dan air 10 liter disini air yang bisa digunakan yaitu air PDAM,air minelar,sumur,tetesan air AC dan yang lebih bagus yaitu air kelapa tidak diperbolehkan memakai air ACCU.

Untuk sampah kulit sayur & buah yang tidak boleh digunakan yaitu kulit manggis, buah salak, durian ( kulit yang keras dan tipis ), dan jika memakai sayur dan memilih sayur jepang jika sayur dominan sayur jepang dipakai akan menghasilkan eco enzym sangat mengetal dalam 90 hari jadi hasilnya juga tidak bagus.

 

Rasio bahan 1:3:10, langkah - langkahnya

  1. 10 bagian berisi air ( penuhi hingga 60% dari ukuran wadah )
  2. 1 bagian berisi gula/molase ( 10% dari bagian air ) dikocok dulu biar tercampur air dengan molasenya
  3. 3 bagian berisi sampah ( penuhi hingga 80% dari ukuran wadah )
  4. tutup rapat tunggu hingga 3 bulan / 90 hari ( buka setiap hari dibulan pertama ) agar tidak terjadi ledakan dikarenakan ada gas didalam eco enzyme tersebut.

Komentar atas Pelatihan Eco Enzyme

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi Banyupoh

tampilkan dalam peta lebih besar